Madina Juara Umum Jambore TTG Tingkat PROV. SUMUT ke-16

Kabupaten Mandailing Natal kembali diberi kepercayaan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sebagai Juara Umum Jambore Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Provinsi Sumatera Utara Ke-16 Tahun 2016 yang dilaksanakan di Kabupaten Labuhanbatu Utara. Disamping  sebagai juara umum tersebut, Kab. Mandailing Natal juga memperoleh beberapa prestasi diantaranya :

  1. Juara I Kategori Kabupaten / Kota
  2. Stand Favorit
  3. Ornamen Stand Terbaik
  4. Inovator Terbaik atas nama Monang Nasution

 Jambore TTG ini dilaksanakan di Lapangan Aek Kota Batu Kec. Na IX-X Kab. Labuhanbatu Utara yang diikuti Kabupaten / Kota se-Sumatera Utara dan juga beberapa SKPD di lingkungan Prov. Sumatera Utara mulai tanggal 30 Agustus – 2 September 2016. Acara ini dibuka langsung oleh Gubernur Sumatera Utara Bapak Ir. T. Erry Nuradi,M.Si.

Gubernur Sumatera Utara dalam sambutannya mengharapkan peran Pemerintah Kabupaten / Kota se-Sumatera Utara untuk mendorong inovasi dan pengembangan teknologi tepat guna di tengah-tengah masyarakat. Teknologi tepat guna juga diharapakan dapat memacu daya saing dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Stand Kab. Mandailing Natal yang memadukan ornamen etnik Mandailing sangat ramai pengunjung yang menampilkan beberapa inovasi terbaru diantaranya alat pengisian biogas ke tabung LPG, alat pemanas ternak unggas multi guna, pompa hydram (tanpa listrik), meriam listrik, genset mini, produk olahan dari tepung tapioka (tepung ubi) dan beberapa produk-produk unggulan dari Kab. Mandailing Natal.

Kemudian pada event Jambore TTG ini, para inovator di stand Kab. Mandailing Natal telah melakukan komitmen / kerja sama dengan sekitar 10 pihak yang akan menerapkan produk inovasi tersebut yang tersebar di beberapa lokasi di Kab. Labuhanbatu Utara seperti Padang Halaban, Simpang Parigoran, Padang Maninjau dan lainnya. Hal ini menunjukkan antusias masyarakat dalam mengunjungi stand Kab. Mandailing Natal. Selanjutnya di stand Kab. Madina tersebut juga menerima kunjungan dari PT. Go Exindo yang menawarkan kerja sama dalam memasarkan beberapa produk unggulan Kab. Madina untuk pasar ekspor di beberapa negara seperti arang dari batang ubi, produk anyaman pandan, pemanfaatan lidi nipah, lidi sawit, lidi kelapa, pengolahan tepung ubi dan pisang

Pada saat apel gabungan Pemerintah Kab. Mandailing Natal pada hari Senin tanggal 5 September 2016 di lapangan kantor Bupati Lama, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kab. Madina, Bapak Drs. Eddy Sayuti Lubis selaku ketua kontingen Kab. Mandailing Natal menyerahkan Piala Bergilir TTG Prov. Sumatera Utara kepada Pemerintah Kab. Mandailing Natal yang diterima oleh Wakil Bupati Madina, Bapak H. Muhammad Jakfar Sukhairi Nasution. Wakil Bupati Mandailing Natal juga memberikan piagam penghargaan kepada pemenang juara umum Jambore Teknologi Tepat Guna (TTG). Dalam sambutannya Bapak H. Muhammad Jakfar Sukhairi Nasution juga berharap agar prestasi ini dapat ditingkatkan di masa mendatang apalagi dikaitkan dengan penghargaan yang diberikan kepada Kab. Mandailing Natal sebagai Tuan Rumah Jambore TTG Ke-17 tahun 2017 nanti.(Humas setdakab Madina)

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*