sosialisai dan peningkatan partisipasi para pemangku kepentingan dan masyarakat pascabencana

Panyabungan Senin 29/08/2016 Badan Penanggulangan Bencana Kabupaten Mandailing Natal, melaksanakan pembukaan “Sosialisasi dan Peningkatan partisipasi para pemangku kepentingan dan masyarakat pascabencana” selama 3 (tiga) hari mulai dari tanggal 29 s/d 31 Agustus di Aula Kantor ketahanan pangan Madina yang di ikuti 50 orang peserta terdiri dari Dinas instansi terkait, TNI/Polri, ormas, tokoh agama , tokoh adat, dan PMI yang di hadiri oleh Plt. Sekretaris daerah Kabupaten Mandailing Natal Bapak Drs. Mhd.Syafei Lubis,M.Si, BNPB RI Jakarta, BPBD Provinsi Sumatera Utara, dan Sekretaris BPBD Mandailing Natal.

Sambutan Bupati Mandailing Natal yang di bacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mandailing Natal Bapak Drs. Mhd.Syafei Lubis,M.Si dalam sambutannya menyampaikan untuk mencapai kabupaten mandailing natal yang tangguh dalam penanggulangan bencana memang tidak mudah. Kerja keras dan disiplin yang tinggi diperlukan untuk menumbuhkan budaya sadar bencana dan keselamatan dalam penanggulangan bencana dimana pemerintah pusat dan pemerintah daerah sebagai penanggung jawab utama dalam Undang – Undang juga dijelaskan hak dan kewajiban warga negara dalam membantu penanggulangan bencana.

Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan sosialisasi dan peningkatan partisipasi para pemangku kepentingan dan masyarakat pascabencana adalah untuk membuka wawasan para peserta dan memberikan deskripsi nyata bahwasanya penyelenggaraan penanggulangan bencana khususnya pada masa pascabencana tidak hanya menjadi tanggungjawab pemerintah saja akan tetapi menjadi tanggungjawab masyarakat dan dunia usaha (Stakeholders) sesuai dengan hak dan kewajibannya melalui peran dan kemampuannya masing-masing. Selain itu melalui kegiatan ini pula nantinya kita semua akan mengetahui peran setiap stakeholders dan nantinya diharapkan akan menyatukan persepsi akan tanggung jawab dalam penyelenggaraan penanggulangan bencana.

Komentar Anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*